Rumah Digusur, Warga Widuri Geruduk Gedung Dewan

NUPEMALANG.COM – Puluhan warga Kelurahan Widuri, Selasa (25/02) menggeruduk Gedung Dewan setelah rumahnya tergusur dalam penataan kawasan kumuh.

Warga diterima Ketua DPRD, HM Agus Sukoco, SIP, MSi, didampingi Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman, Ir Mugiyanto, Camat Pemalang, Suhirman, Samsudin Lurah Widuri, Ketua Yayasan Dharma Bhakti, dan juga dari BPN ITR.

Koordinator aksi Hasanudin menyampaikan, dirinya dan warga lain sudah menempati tanah negara itu selama 35 tahun, paling sedikit 15 tahun. Sehingga warga menuntut agar tanah bisa disertifikatkan.

“Kami, warga sebanyak 160 rumah sudah sekian lama menempati tanah itu, tau tau digusur dengan alasan kawasan kumuh, kami menuntut keadilan agar bisa tanah di sertifikat,” ujarnya.

Sementara, Agus Sukoco meminta agar warga bersabar, karena DPRD akan berkoordinasi dengan SKPD terkait.

“Hari ini saya memang mengundang warga untuk langsung menyampaikan aspirasi, setidaknya sebagai wakil rakyat membuka pintu bagi siapa saja yang mau keluh kesah, dan kami akan berkordinasi,” kata Agus Sukoco.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman, Ir Mugiyanto menjelaskan,  bahwa dalam program Kotaku, yakni menata, menjalankan tugas agar penyerapan anggaran pemerintah bisa berjalan semestinya.

Lebih lanjut, program ini adalah program pusat, provinsi dan kabupaten tentang bebas kawasan kumuh. Sesuai target dari presiden bahwa agar bebas dari kawasan kumuh.

“Kawasan kumuh salah satunya jalan belum ada enam meter, belum ada drainase dan sanitasi, secara normatif tanah itu bukan milik warga, terus penyerapan anggaran bagaimana kalo tugas kami tidak berjalan,” ujar Mugi.

Sementara itu, BPN yang diwakili oleh Muhani menandaskan, dalam pensertifikatan, pihaknya tidak keberatan asal telah ada kepastian hukum.

“Sepanjang tanah ini clear dan clean, tidak ada masalah, kami siap kapan pun memproses sertifikatnya,” tandasnya.

Penulis: Kholil Abimanyu
Editor: Mochamad Tri Atmodjo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *